Labels

Friday, November 11, 2011

Alay Never Dies

     Hai, kali ini gue lagi pengen bahas tentang alay yang semakin merambat ke kelurahan sekitar. Sebenernya nggak cuma kelurahan sekitar juga sih, hampir semua tempat di Indonesia ada anak alay-nya. Well kalian pasti tau kan alay itu apa, pasti kalian mikir kalo alay itu yang tulisannya begini "L3CCCH KN4L 6U6H N13CHH ? Q4MO3HHH 4N4K M4NA SICH ? 4QU3HHH 4N4KK 4L4Y" (gue butuh 6 menit buat nulis ini) . Kalo menurut pendapat gue sih ye, alay itu dimana kita berbuat sesuatu yang "Nggak biasanya ,UNIK" . Nggak biasanya / unik disini artinya mereka terlalu berlebih - lebihan pas ngerjain sesuatu di depan temenya, temen - temennya , atau kalo malu meternya mereka lagi rusak, mereka bisa ngelakuin hal yang "berlebihan" itu di muka umum. 

    Semua orang pasti pernah alay,termasuk kalian. Jujur aja ya, gue pernah alay pas SMP kelas 2 - 3 awal. Siapapun yang baca ini,tolong jangan mikir seberapa alay-nya gue sekarang. Gue tobat jadi alayers semenjak gue buka twitter. Di twitter ,jarang ada anak alay (pas tahun 2009, sekarang mah segudang lebih). Gue ngerasa aneh ngeliat mereka mention - mentionan pake bahasa yang panjang. "apa nggak capek ngetik ?" pikiran alay gue muncul. Lama kelamaan ,gue ngerasa aneh di TL twitter ( timeline, gatau ? NDESO ) gara - gara tulisan alay. Akhirnya gue ngerubah gaya tulisan alay gue, gue masih bersyukur tingkah laku gue belum bertransformasi jadi alay. Gue bersyukur masih diingetin sama Yang Maha Kuasa. Oke, balik lagi ke alay. Alay Never Dies , gue setuju banget sama kalimat itu. Tiap gue buka facebook, di sudut manapun, bagian manapun , selalu ada anak alay. Nama alay, tulisan alay, status galau. Nggak bete gimana sih liatnya. Lebih males lagi kalo ada yang minta like status pake bahasa alay " like status quh ea" . kenapa harus pake "EA" ? kenapa nggak "YA" aja ? segitu malesnya ngetik huruf "Y" ya ? . Cukup emosi pas ngeliat chat nggak penting begitu. Itu baru facebook, twitter jauh lebih parah. Maklum, alay facebook dibawa ke twitter itu sesuatu banget menurut gue -_- . Contoh ke-alay-an di twitter " follback ea" (masih tetep pake ea). Tapi itu nggak separah yang satu ini..... Bayangin deh kalo kalian ngetweets tentang anak alay, dan si anak alay ini ikut nge RT (retweet,gatau ?NDESO) , terus anak alay itu ngemention kalian kaya gini "ea, jaman skrg banyaggghh iang alay eaa" . Lo tau nggak reaksi gue pas baca mention itu ? " Lo juga alay bego" terus gue hening. Gue bingung mau bales mention itu apa enggak. "Kapan ya alay itu musnah ?" pertanyaan itu sering banget gue lontarin, sekalipun gue "pernah" alay. Tapi emang kenyataannya alay itu kayak pewarisan budaya,dari 1 orang diwariskan ke orang lain secara turun temurun. Makanya, alay itu NEVER DIES. 
     
     Banyak ciri - ciri alay yang bisa kita temuin. Alay yang paling bisa dilihat secara penampilan itu alaynya cewek. Ciri - cirinya tuh kayak gini (alay versi anak sekolah jaman sekarang)  :
- Rambut rebonding rusak sedikit di cat ( cat-nya cat yang mencolok) dan mereka nggak berhenti pegang rambut mereka ditambah muka menor nggak karu - karuan
- Mereka nggak bisa berhenti pegang hape, buka hape, senyum senyum sendiri dan obrolan mereka cuma 1 "cowok itu blabla...."
- Kaos kakinya stocking (panjang banget), roknya pendek ketat. Bajunya juga ketat tak beraturan. Sepatunya selop / flat shoes, tasnya kayak tas buat ke mall ,isinya dikit. Pokoknya emak emak banget lah
- kosmetik yang nggak jelas merek / kadaluarsanya selalu ada di tangan mereka
- Mereka suka ngomongin orang lewat di depan mereka, biasa , bandingin kecantikan bentar
     Jika pembaca merupakan salah satu dari alay, berkumurlah segera. Sedikitnya 2x sehari.

     Kadang gue suka heran pas naik angkot bareng sama anak alay. Apa mereka nggak risih jadi alay ? . Mungkin mereka nggak ngerasa kalo diri mereka itu alay, mereka anggepnya itu keren. iya KEREN BANGET MALAH. Banyak anak alay yang ditanya "kenapa alay sih elo ?" ,jawabnya pasti "alay kan keren, lagi nge-tren" . Well, jawaban kayak gitu bahaya banget. Horor bro ! Kalo di tempat gue tinggal, alay itu kebanyakan bermukim di sekolah kejuruan sama swasta. Tapi di SMA juga ada kok, cuman kemungkinannya kecil kalo SMA itu SMA maju plus ada di KOTA. Tapi kita (para non alay) nggak bisa berbuat apa - apa buat kehidupan alay mereka. Kita cuma bisa berdoa agar alay tidak menglobalisasi. Buat kalian yang alay maaf banget kalo ini nyinggung,tapi ini fakta dan banyak orang setuju.Buat yang punya temen atau kerabat alay, sadarkanlah segera . See ya !

No comments:

Post a Comment